Apa itu meditasi?

Meditasi tidak hanya berarti duduk tenang selama lima atau sepuluh menit. Meditasi memerlukan usaha yang penuh kesadaran. Pikiran harus dibuat tenang dan sepi, namun pada saat yang sama juga harus tetap waspada sehingga tidak mengijinkan pikiran-pikiran atau keinginan-keingan yang menganggu masuk.

Mengapa kita bermeditasi?

Kita bermeditasi karena munculnya rasa dahaga akan sesuatu yang lebih bermakna di dalam hidup ini. Sesuatu yang lebih bersinar, lebih memberikan kepuasan batin, kerinduan terhadap wujud ilahi di dalam diri. Kosentrasi adalah kunci pembuka dan meditasi adalah jalan untuk menemukan wujud ilahi di dalam diri.

Apa manfaat bermeditasi? 

Meditasi dapat membantu kita mengatasi rasa marah, depresi dan juga rasa stress. Meditasi dapat pula membantu memperbaiki komunikasi menjadi lebih efektif. Meditasi membantu menciptakan  hubungan yang selaras dan harmonis dengan orang-orang terdekat karena  bertambahnya rasa toleransi dan semakin luasnya cara pandang kita dalam menghadapi problem. 

Seberapa cepat meditasi bekerja?

Tidak ada yang instan di dunia ini. Seorang musisi harus berlatih secara rutin dan teratur supaya bisa memainkan berbagai alat musik. Seorang pelari marathon harus berlatih dengan penuh semangat pantang menyerah sebelum akhirnya berada di garis start. Seorang atlit angkat beban perlu berlatih dengan keras dan menambah beban angkatannya secara bertahap. Demikian pula dengan meditasi. Disarankan untuk meluangkan waktu 15-20 menit setiap hari, sebelum sarapan pagi dan sebelum makan malam dan hasilnya akan terlihat.